Skip to content

Larangan Sombong

Mei 31, 2009
tags:

Soal:
Mengapa sombong itu dilarang oleh islam dan apa alasannya?


Jawab:
Sombong adalah suatu kondisi jiwa seseorang di mana ia merasa hebat, lebih baik, lebih pintar, lebih besar, lebih kuat dari orang lain. Maka tidak akan berlaku sombong, kecuali orang yang merasa atau berkeyakinan, bahwa dirinya memiliki keunggulan, kelebihan dan kesempurnaan yang menjadikan dirinya berbeda dengan orang lain, bahkan lebih dari orang lain. Akibat dari perasaan lebihnya itu ia akan merendahkan orang lain. Lebih jauh lagi, seseorang yang merasa memiliki kelebihan akan memandang dirinya paling tahu dan paling pintar, sehingga segala sesuatu yang bertentangan dengan keinginannya akan disingkirkan, meskipun benar.

Karena itulah rasulullah saw menjelaskan hakekat kesombongan adalah;

الْكِبْرُ بَطَرُ الْحَقِّ وَغَمْطُ النَّاسِ

Kesombongan itu adalah menolak kebenaran dna merendahkan orang lain (HR Muslim)

Berpijak pada hekakat kesombongan ini, maka sesungguhnya kesombongan adalah penyakit jiwa yang sangat berbahaya. Pelakunya akan bisa merasakan neraka, sebagaimana sabda Rasulullah saw;

لاَ يَدْخُلُ الْجَنَّةَ مَنْ كَانَ فِى قَلْبِهِ مِثْقَالُ ذَرَّةٍ مِنْ كِبْرٍ

Tidak akan masuk ke dalam sorga, orang yang di dalam hatinya ada kesombongan meskipun hanya seberat biji sawi (HR Muslim)

Sebagai bentuk maha kasihnya Allah, sejak mula Allah telah melarang sikap sombong agar manusia selamat dalam kehidupanya di dunia maupun akhirat. Firman Allah

وَلاَ تَمْشِ فِي اْلأَرْضِ مَرَحًا إِنَّكَ لَنْ تَخْرِقَ اْلأَرْضَ وَلَنْ تَبْلُغَ الْجِبَالَ طُولاً (الإسراء 37)

“Dan janganlah kamu berjalan di muka bumi ini dengan sombong, karena sesungguhnya kamu sekali-kali tidak dapat menembus bumi dan sekali-kali kamu tidak akan sampai setinggi gunung”.(Al Isra’ : 37)

وَلاَ تُصَعِّرْ خَدَّكَ لِلنَّاسِ وَلاَ تَمْشِ فِي اْلأَرْضِ مَرَحًا إِنَّ اللهَ لاَ يُحِبُّ كُلَّ مُخْتَالٍ فَخُورٍ (لقمان 18)

Dan janganlah kamu memalingkan mukamu dari manusia (karena sombong) dan janganlah kamu berjalan dimuka bumi ini dengan angkuh. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang sombong lagi membanggakan diri . (Luqman 18)

Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: