Skip to content

Menggerakkan Telunjuk Ketika Tasyahhud

Maret 24, 2009

Soal:
Assalamu’alaikum wr. wb
Ustadz, apa hukum menggerak-gerakkan jari telunjuk di dalam tasyahhud akhir, dan apa dalilnya?
(DFW, X-3 SMA)

Jawaban;
Wa’alaikumussalam wr. Wb

Umat islam berbeda-beda dalam memberikan isyarat dengan telunjuk ketika tasyahud. Ada di antara umat islam yang ketika tasyahud menggerak-gerakkan telunjuk, dan ada yang tidak. Sebab perbedaan pendapat ini adalah karena berbeda-bedanya riwayat yang datang dari Rasulullah saw. Ada riwayat yang menyatakan bahwa ketika tasyahhud Rasulullah saw menggerak-gerakkan telunjuk, ada yang menyatakan tidak menggerakkan, dan ada riwayat yang tidak menjelaskan apakah beliau menggerakkan telunjuk atau tidak.

Dalil yang menyatakan bahwa beliau menggerakkan telunjuk adalah;

عَنْ وَائِلَ بْنَ حُجْرٍ الْحَضْرَمِيَّ قَالَ لَأَنْظُرَنَّ إِلَى رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَيْفَ يُصَلِّي … ثُمَّ قَعَدَ فَافْتَرَشَ رِجْلَهُ الْيُسْرَى فَوَضَعَ كَفَّهُ الْيُسْرَى عَلَى فَخِذِهِ وَرُكْبَتِهِ الْيُسْرَى وَجَعَلَ حَدَّ مِرْفَقِهِ الْأَيْمَنِ عَلَى فَخِذِهِ الْيُمْنَى ثُمَّ قَبَضَ بَيْنَ أَصَابِعِهِ فَحَلَّقَ حَلْقَةً ثُمَّ رَفَعَ إِصْبَعَهُ فَرَأَيْتُهُ يُحَرِّكُهَا يَدْعُو بِهَا

Dari wa’il bin Hujr al-hadlrami, ia berkata; Aku benar-benar telah melihat Rasulullah saw bagaimana beliau shalat… kemudian beliau duduk iftirasy, lalu meletakkan kaki telapak tangan kirinya di atas paha dan lutut kiri, dan menjadikan batas siku kanannya berada di atas paha kaki kanan, kemudian menggenggamkan jari jemarinya dan melingkarkannya kemudina mengangkat jarinya dan aku melihatnya menggerakkannya dan beliau berdo’a dengannya (isyarat itu) (HR Ahmad)

Oleh syaikh Syu’aib al-Arna’uth hadis ini dinilai shahih bila tanpa kata “Aku melihat beliau menggerakkannya”. Adapun tambahan kata itu dinilainya syadz (ganjil), karena tambahan kata tersebut berasal dari Za’idah.

Dalil yang menunjukkan bahwa beliau tidak menggerakkan telunjuk adalah;

عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ الزُّبَيْرِ أَنَّهُ ذَكَرَ أَنَّ النَّبِىَّ صلى الله عليه وسلم كَانَ يُشِيرُ بِأُصْبُعِهِ إِذَا دَعَا وَلاَ يُحَرِّكُهَا.

Dari Abdullah bin az-Zubeir, bahwasannya nabi saw apabila memberikan isyarat dengan jari telunjuknya ketika berdo’a (tasyahhud) beliau tidak menggerakkannya (HR Abu Dawud)

Syaikh al-Albani menilai hadis ini syadz (ganjil, karena bertentangan dengan riwayat yang lebih shahih).

Dalil yang menunjukkan Rasulullah saw memberi isyarat telunjuk tetapi tidak ada keterangan apakah menggerakkannya atau tidak

عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ الزُّبَيْرِ قَالَ كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم إِذَا قَعَدَ يَدْعُو وَضَعَ يَدَهُ الْيُمْنَى عَلَى فَخِذِهِ الْيُمْنَى وَيَدَهُ الْيُسْرَى عَلَى فَخِذِهِ الْيُسْرَى وَأَشَارَ بِإِصْبَعِهِ السَّبَّابَةِ وَوَضَعَ إِبْهَامَهُ عَلَى إِصْبَعِهِ الْوُسْطَى وَيُلْقِمُ كَفَّهُ الْيُسْرَى رُكْبَتَهُ.

Dari Abdullah bin az-Zubeir, ia berkata; Rasulullah saw apabila duduk berdo’a, beliau meletakkan tangan kanannya di atas paha kanannya, dan meletakkan tangan kirinya di atas paha kirinya, dan beliau memberikan isyarat dengan jari telunjuknya, dan meletakkan ibu jarinya di atas jari tengahnya, dan merapatkan jari-jari telapak tangan kirinya di atas lututnya (HR Muslim)

Syaikh al-Albani menilai hadis riwayat Abu Dawud ini syadz, setelah membandingkannya dengan riwayat Imam Ahmad. Dan dari kedua hadis tersebut, hadis Imam Ahmad lebih shahih dari hadis Abu Dawud, sehingga menjadikan hadis Imam Ahmad sebagai hadis mahfudz sedangkan yang bertentangan dengan yang lebih shahih dinilai syadz. Sementara syaikh al-Arna’uth membandingkan riwayat Imam Ahmad dengan riwayat Muslim, karena riwayat Imam Muslim lebih kuat, maka beliau menilai tambahan menggerakkan telunjuk dinilainya dengan syadz.

Dengan demikian, hadis yang paling shahih tentang masalah ini adalah hadis yang diriwayatkan oleh Muslim. Jadi inilah hadis yang mahfudz. Hadis ini menerangkan bahwa beliau memberi isyarat dengan jari, tetapi tidak ada keterangan apakah Rasulullah saw menggerakkan jari telunjuk atau tidak.

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: