Skip to content

Cara Bersabar

Maret 19, 2009
tags:

Soal;
Assalamu’alaikum wr. wb
Bagaimana cara agar kita bisa bersabar?


Jawab:
Wa’alaikumussalam wr. wb

Sabar adalah sebuah amal islami yang penting sebagai bekal manusia untuk meraih sukses dalam meniti jalan kehidupan ini. Namun sayang, justru banyak manusia tidak bisa bersabar. Karena itu penting sekali kita mengetahui hal-hal yang harus kita lakukan agar kita bisa bersabar.

Banyak cara yang bisa dilakukan agar kita bisa bersabar. Di antaranya adalah;

1- Sabar adalah masalah hati, dan kadang-kadang kita tidak bisa mengendalikan hati kita sendiri, maka agar bisa bersabar adalah dengan berdo’a memohon kepada Allah dan bertawakkal kepadaNya

2- Menjalankan kewajiban-kewajiban yang telah diberikan oleh Allah juga akan menumbuhkan kesabaran. Berpuasa juga akan bisa mendorong kita bersabar, khususnya dalam menahan gejolak nafsu syahwat. Shalat juga akan menumbuhkan kesabaran. Zakat dan sedekah juga akan menumbuhkan kesabaran, khususnya dalam hal-hal yang berkaitan dengan harta.

3- Membaca al-Qur’an disertai dengan tadabbur (merenungkan) maknanya dan berdzikir (mengingat) Allah.

4- Membaca Sirah Rasulullah saw, kisah para nabi dan juga kisah para shahabat. Kita akan mendapatkan pelajaran penting bagaimana mereka bersabar, sehingga mendorong diri kita untuk ikut bersabar.

5- Berkawan dengan orang-orang yang berilmu agama. Ketika kita menghadapi ujian, mereka akan bisa memotifasi dan memberi nasihat kepada kita untuk bersabar

Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: