Skip to content

Shalat Gerhana

Maret 16, 2009

Soal;
Assalamu’alaikum wr. wb
Mengapa saat terjadi gerhana kemarin kita tidak melaksanakan shalat gerhana?


Jawab;
wa’alaikumussalam wr. wb
Shalat Gerhana disepakati oleh para ulama’ sebagai shalat sunnah mu’akkadah ketika kita melihat gerhana. Dalilnya adalah sabda Rasulullah saw

إِنَّ الشَّمْسَ وَالْقَمَرَ آيَتَانِ مِنْ آيَاتِ اللَّهِ لَا يَنْكَسِفَانِ لِمَوْتِ أَحَدٍ وَلَا لِحَيَاتِهِ فَإِذَا رَأَيْتُمُوهُمَا فَادْعُوا اللَّهَ وَصَلُّوا حَتَّى يَنْجَلِيَ

Sesungguhnya matahari dan bulan adalah dua tanda di antara tanda-tanda Allah, keduanya tidak akan mengalami gerhana karena kematian seseorang atau karena kehidupan seseorang, Apabila kalian melihat keduanya (mengalami gerhana) maka berdo’alah kepada Allah dan shalatlah sehingga kembali nampak seperti semula (HR al-Bukhari dan Muslim, dari Mughirah bin Syu’bah)

Di dalam riwayat yang lain dikatakan

فَإِذَا رَأَيْتُمْ شَيْئًا مِنْ ذَلِكَ فَافْزَعُوا إِلَى ذِكْرِهِ وَدُعَائِهِ وَاسْتِغْفَارِهِ

Apabila kalian melihat sesuatu dari itu (gerhana) maka segeralah menuju dzikir kepadaNya, berdo’a kepadaNya dan memohon ampunanNya (Bukhari dan Muslim, dari Abu Musa)

Di dalam riwayat yang lain lagi dikatakan

فَإِذَا رَأَيْتُمْ ذَلِكَ فَافْزَعُوا إِلَى الصَّلَاةِ

Apabila kalian melihat hal itu (gerhana) maka bersegeralah melakukan shalat (Bukhari dari Aisyah)

Di dalam riwayat yang lain dikatakan,

فَإِذَا رَأَيْتُمْ ذَلِكَ فَادْعُوا اللَّهَ وَكَبِّرُوا وَصَلُّوا وَتَصَدَّقُوا

Apabila kalian melihat itu (gerhana) maka berdo’alah kepada Allah, bertakbirlah, shalatlah dan bersedekahlah (HR al-Bukhari, dari Aisyah)
Hadis ini menunjukkan sunnahnya menunaikan shalat gerhana adalah ketika kita melihatnya. Dan melihat gerhana adalah melhat dengan mata kepala kita. Karena itu ika cuaca mendung atau hujan sehingga tidak terlihat adanya gerhana, maka tidak disunnahkan melaksanakan shalat gerhana.

Pada gerhana Matahari kemarin, matahari tidak tampak sama sekali dari PPMI Assalam karena tertutup mendung yang sangat tebal. Bahkan sejak pagi sudah turun hujan. Jadi kita tidak melaksanakan shalat gerhana karena tidak menyaksikan terjadinya gerhana.

Allahua’lam bish-shawab

Komentar ditutup.