Skip to content

Yahudi

Maret 10, 2009

Soal:
Assalamu’alaikum wr. wb
Ustadz, kenapa yahudi dahulu bisa berteman dengan umat Islam dan kenapa mereka sekarang menindas orang islam dan merebut tanah Palestina dari umat islam? Jelaskan apakah umat Islam mempunyai salah dengan para kaum yahudi sehingga mereka dipukuli, ditembaki. Apa Maksud kaum yahudi
(Muhammad Bahrul Hidayat kurniawan, 7-J MTs, asal Boyolali)


Jawab;
Wa’alaikumussalam wr. wb
Di masa awal kedatangan Rasulullah di Madinah, beliau memang pernah membuat perjanjian dengan tiga suku Kaum Yahudi, yaitu bani Qunaiqa’, bani Nadzir dan bani Quraidhah. Namun setelah perang Badar kubra, bani Qunaiqa’ melakukan pengkhianatan dengan merencanakan pembunuhan terhadap nabi Muhammad. Akibatnya mereka diusir dari Madinah. Setelah itu Bani Nadzir yang melanggar perjanjian, dan mereka pun diusir dari Madinah. Dan setelah perang Ahzab (Khandaq) Rasulullah memerangi Bani Quraidzah, karena mereka bersekongkol dengan kaum Quraisy.

Dengan catatan sejarah ini, kita bisa buktikan bahwa kaum yahudi tidak pernah hidup damai dengan kaum muslimin di masa Rasulullah saw. Yahudi bisa damai dengan umat Islam ketika umat Islam sudah kuat secara militer, dan mereka tidak lagi memiliki kekuatan militer. Di masa kekuasaan para khalifah itulah mereka hidup tenang, tidak ada upaya berarti untuk melakukan pemberontakan.

Setelah berabad-abad kaum yahudi hidup tenang di bawah pemerintahan Islam, di akhir abad 19, muncullah seorang tokoh bernama Theodore Hertzl yang menyerukan gerakan Zionisme. Theodore Herzl merupakan keturunan Yahudi yang berkebangsaan Hungaria. Ia berhasil mengembangkan doktrinnya sejak tahun 1882, guna mencarikan tempat yang aman bagi kaum Yahudi. Herzl mengarang buku yang berjudul Der Judenstaat dalam rangka untuk memformulasikan ide-idenya secara sistematis.

Kesimpulan akhir yang bisa ditarik dari gagasan Herzl tersebut, pemecahan masalah kaum Yahudi di seluruh dunia menurut Herzl adalah pembentukan Negara baru diatas tanah kosong dunia. Maka dipilihlah Palestina agar juga mendapat dukungan orang-orang Yahudi aliran Zion (Pecinta tanah sejarah yaitu Mesir, Kan’aan dan sekitarnya)

Buku ini kemudian banyak mempengaruhi para aktivis-aktivis Yahudi dunia sehingga pada tanggal 29-31 Agustus 1897 mereka berhasil menggelar konferensi zionisme pertama di kota Bassel Swiss, konferensi itu dihadiri oleh sekitar 204 delegasi dari 15 negara. Dari konferensi ini maka lahirlah organisasi Zionis Dunia, Herzl pun kemudian akhirnya di nobatkan sebagai Bapak Zionis Dunia dan diangkat sebagai Presiden Organisasi tersebut.

Dari gerakan Zionis inilah kemudian lahir negara Israel, atas dukungan negara-negara besar dunia, seperti Inggris dan Amerika Serikat. Tetapi tanah kosong yang diprogramkan oleh Hertzl ternyata bukanlah tanah yang benar-benar kosong dari penduduk. Tanah kosong itu maksudnya adalah palestina, sementara itu palestina sudah didiami oleh Ummat Islam berabad-abad. Karena itulah kemudian terjadi pengusiran terhadap penduduk Pelestina untuk dijadikan pemukiman kaum Yahudi. Ketika terjadi pendgusiran dan pendudukan Yahudi terhadap palestina ini kaum muslim palestina melawan. Akibatnya, siapa yang melakukan perlawanan dia akan ditindak secara kejam oleh Yahudi. Allahu a’lam

Komentar ditutup.

%d blogger menyukai ini: