Skip to content

Suara Perempuan dalam Shalat

Maret 2, 2009

Soal:
Assalamu’alaikum wr wb

Bagi perempuan, saat shalat suara termasuk aurat atau tidak, terus kalau mengucapkan kata amin bagaimana?
(Faisal Ridho Sakti, 7 Akel)

Jawab;
Wa’alaikumussalam wr wb

Sudah menjadi anggapan banyak kaum muslimin bahwa suara wanita adalah aurat, tetapi anggapan itu tidak ada dasarnya. Tidak ada hadis yang menerangkan bahwa suara wanita adalah aurat. Munculnya anggapan itu adalah ketika para ulama’ menjelaskan mengapa wanita tidak mengucapkan subhanallah untuk mengingatkan kesalahan imam, tetapi cukup menepuk tangan. Bahkan sebaliknya ada hadis-hadis yang menunjukkan bolehnya mendengarkan suara wanita ajnabi (non-mahram). Di antaranya

عن عَبْدِ اللَّهِ بنِ عباسٍ قال : كَانَ الفَضْلُ بْنُ العَبَّاسِ رَدِيفَ النبيِّ صلى اللَّهُ عليه وسلم فَجَاءَتْهُ امْرَأةٌ مِنْ خَثْعَمٍ تَسْتَفْتِيهِ

Dari Abdullah bin Abbas, ia berkata, Fadl bin al-Abbas membonceng nabi saw, lalu datanglah seorang wanita meminta fatwa lepada Rasulullah saw…. (HR Muslim)

Hadis ini menunjukkan bahwa mendengarkan suara wanita ketika ada perlu dan tidak menimbulkan fitnah dibolehkan.

Demikian pula banyak riwayat yang menyebutkan bahwa para shahabat dan tabi’in juga mendengar suara wanita. Para wanita shahabiah sering bertanya kepada Rasulullah saw tentang masalah mereka. Selain itu, banyak pula shahabat dan tabi’in yang belajar hadis dari Aisyah Ummul Mukminin. Jika benar bahwa suara wanita adalah aurat, tentu tidak akan terjadi hal-hal demikian.

Apalagi kalau ada perintah dari Rasulullah saw untuk bersuara, seperti membaca aamin di dalam shalat, maka tentu mengucapkan amin itu boleh. Meskipun demikian, hendaklah kaum wanita dalam mengucapkan amin tidak terlalu keras sehingga menimbulkan fitnah. Allahu a’lam bish-shawab.

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: