Skip to content

Banyak Bersumpah

Maret 1, 2009

Soal:
Assalamu’alaikum wr. wb

Ustadz bagaimana hukum Islam tentang anak yang suka bersumpah dengan mengucapkan ”demi Allah” saat bercanda dengan teman-temannya? Soalnya, banyak santri yang suka menyebut ”demi Allah” saat bercanda dengan temannya. Adakah dalil yang menerangkan hal tersebut?

Jawab;
Wa’alaikumussalam wr. wb

Sumpah artinya adalah menyebut sesuatu yang penting bagi kehidupan seseorang untuk menegaskan suatu pernyataan. Bagi seorang muslim, sesuatu yang paling penting didalam hidup adalah Allah, maka dalam setiap sumpahnya ia harus menyebut Allah. Sebagai misal, ada seseorang yang dituduh mencuri. Dia mengatakan tidak mencuri, karena tidak ada saksi, maka ia bisa bersumpah dengan mengucapkan ”demi Allah” untuk menegaskan bahwa benar-benar ia tidak mencuri.

Karena sumpah itu menyebut nama, Allah, dzat yang sangat penting maka tidak boleh digunakan untuk bermain-main. Orang yang bersumpah dalam hal-hal yang tidak penting ia berdosa.

عَنْ سَلْمَانَ رَضِيَ اللَّهُ تَعَالَى عَنْهُ، قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ:”ثَلاثَةٌ لا يَنْظُرُ اللَّهُ إِلَيْهِمْ يَوْمَ الْقِيَامَةِ: أُشَيْمِطٌ زَانٍ، وَعَائِلٌ مُسْتَكْبِرٌ، وَرَجُلٌ جَعَلَ اللَّهَ بِضَاعَةً، لا يَشْتَرِي إِلا بِيَمِينِهِ، وَلا يَبِيعُ إِلا بِيَمِينِهِ

Dari salman ra, berkata, Rasulullah saw bersabda, ada tiga golongan yang tidak akan dilihat oleh Allah pada hari kiamat, 1) orang tua pezina, 2) orang miskin tetapi sombong, dan 3) orang yang menjadikan Allah sebagai barang dagangannya; ia tidak membeli keciali dengan sumpah dan juga tidak menjual kecuali dengan sumpah. (HR al-Baihaqi dan ath-Thabrani)

Hadis ini menunjukkan bahwa orang yang bersumpah dengan benar, tetapi untuk keperluan yang tidak penting, ia berdosa. Tidak dilihat oleh Allah menunjukkan sebagai tindakan yang tidak disukai oleh Allah. Ketidaksukaan Allah di dalam hadis ini difahami sebagai sebuah kemaksiatan, sehingga pelakunya berdosa. Allahu a’lam bish-shawab

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: