Skip to content

Apa Manfaat Menghafal Hadits ?

Februari 15, 2009

Soal

Assalamu’alaikum wr. wb

Ustadz, apa manfaat menghafal hadis?

Jawab

wa’alaikum salam warahmatullahi wabarakatuh

Hadis telah disepakati oleh kaum muslimin sebagai sumber ilmu dan hukum islam yang kedua, setelah al-Qur’an. Sebagai sumber ilmu dan hukum, peran hadis terhadap al-Qur’an adalah sebagai berikut; 1) menegaskan hukum-hukum yang ada di dalam al-Qur’an, 2) menjabarkan penjelasan al-Qur’an yang ringkas dan 3) menetapkan hukum yang tidak ditetapkan di dalam al-Qur’an.

Dengan kedudukannya yang penting di dalam Islam, tersebut, mempelajari dan menghafalkan hadis memiliki banyak manfaat, di antaranya adalah;

  1. Menghafal hadis termasuk ke dalam tafaqquh fiddin (mendalami ilmu agama) yang diperintahkan oleh Allah dan rasulNya. Karena itulah para shahabat dan tabi’in, serta ulama’-ulama’ hadis sangat besar perhatiannya kepada hadis. Bahkan mereka mengadakan perjalanan panjang untuk mendapatkan hadis yang otentik.
  2. Karena hadis adalah sumber hukum Islam, maka menghafalnya termasuk ke dalam salah satu bentuk membela Islam dan Rasul umat Islam. Khususnya dari perusakan yang dilakukan oleh musuh-musuh Islam. Sebab bila sumber ilmu Islam ini rusak, maka akan terjadi pula kerusakan di dalam agama Islam.
  3. Menghafal hadis merupakan salah cara untuk menjaga keaslian hadis dari berbagai upaya perusakan hadis, baik yang disengaja maupun yang tidak disengaja.
  4. Sebagai bukti kecintaannya dan keimanannya kepada Nabi Muhammad, adalah mengutamakan kata-kata beliau di atas kata-kata siapapun juga. Jika terhadap lagu-lagu gubahan para musisi orang-orang saat ini rela menghafal, mengapa menghafalkan hadis dipertanyakan? Padahal menghafalkan lagu tidak ada kebaikannya sama sekali dalam hal keagamaan. Allahu a’lam

No comments yet

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: