Skip to content

Memberi Hadiah kepada Orang Tua

Maret 19, 2009

Soal;
Assalamu’alaikum wr. wb
Bagaimana cara memberi hadiah kepada orang tua kita?


Jawab;
Wa’alaikumusalam wr. wb

Hadiah dalam kajian fiqh adalah pemberian dari seseorang kepada orang lain sebagai ekspresi rasa cinta dan hormatnya kepada orang yang diberi hadiah. Hadiah ini dianjurkan oleh rasulullah saw sebagai upaya untuk membina hubungan baik antar sesama muslim, atau juga membina hubungan baik sesama keluarga.

عَنْ عَطَاءِ بْنِ أَبِى مُسْلِمٍ عَبْدِ اللَّهِ الْخُرَاسَانِىِّ قَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم تَصَافَحُوا يَذْهَبِ الْغِلُّ وَتَهَادَوْا تَحَابُّوا وَتَذْهَبِ الشَّحْنَاءُ

Dari Atha’ bin Abi Muslim, Abdullah al-Khurasani berkata, Rasulullah saw bersabda; Saling berjabat tanganlah niscaya hilang kedengkian di antara kalian, dan saling memberi hadiahlah niscara kalian akan saling mencintai dan akan hilanglah permusuhan” (HR Malik)

عَنْ أَبِى هُرَيْرَةَ عَنِ النَّبِىِّ صلى الله عليه وسلم قَالَ : تَهَادَوْا تَحَابُّوا

“Saling memberi hadiahlah niscaya kau saling menyayangi (HR al-Baihaqi),

Kalau hadiah diberikan kepada orang tua, tentu merupakan salah satu bentuk bakti kepada orang tua, di samping untuk menumbuhkan rasa saling mencintai di antara anak dengan orang tuanya.

Dalam memilih apa yang hendak dihadiahkan kepada orang tua, tentu kita harus memilih apa yang pantas dan bermanfaat bagi mereka. Lalu sampaikanlah hadiah itu kepada orang tua dengan cara yang sopan.

About these ads

Komentar ditutup.

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: